Penetapan Kadar (%) Air Metode Thermogravimetri

Penetapan Kadar (%) Air Metode Thermogravimetri



Air 
Air adalah substansi kimia dengan rumus kimia H2O: satu molekul air tersusun atas dua atom hidrogen yang terikat secara kovalen pada satu atom oksigen. Air bersifat tidak berwarna, tidak berasa dan tidak berbau pada kondisi standar, yaitu pada tekanan 100 kPa (1 bar) dan temperatur 273,15 K (0 °C). Zat kimia ini merupakan suatu pelarut yang penting, yang memiliki kemampuan untuk melarutkan banyak zat kimia lainnya, seperti garam-garam, gula, asam, beberapa jenis gas dan banyak macam molekul organik.

Termogravimetri 
Termogravimetri gravimetri analisis atau termal (TGA) adalah jenis pengujian yang dilakukan pada sampel untuk menentukan perubahan berat-susut(weight-loss) dalam kaitannya dengan perubahan suhu. Analisa tersebut bergantung pada tingkat presisi yang tinggi dalam tiga pengukuran: berat, suhu, dan perubahan suhu.

1. Alat :
1. Cawan porselen
2. Oven
3. Eksikator
4. Penjepit cawan
5. Neraca analitik

2. Bahan :
1. Sampel bahan makanan

3.  Prinsip Kerja :
Sejumlah tertentu sampel kering yang mengandung air dipanaskan pada suhu 105o-110oC pada cawan yang telah diketahui beratnya kemudian ditimbang sampai konstan. Berat air adalah berat setelah pemanasan.

4. Langkah Kerja :
1. Panaskan cawan kosong pada suhu 105o-110oC dalam oven listrik, dinginkan di udara 5 menit dan dalam eksikator 10menit kemudian timbang. Lakukan langkah tersebut sampai didapat berat yang konstan dengan pemanasan berikutnya selama 15 menit.
2. Timbang dengan teliti 2-3 g sampel yang telah dihaluskan dalam cawan tersebut.
3. Panaskan dalam oven pada suhu 105o-110oC selama 1-2 jam dinginkan di udara 5 menit dan dalam eksikator 10 menit kemudian timbang. Lakukan langkah tersebut sampai didapat berat yang konstan dengan pemanasan berikutnya selama 15 menit.
4. Hitung kadar air dalam sampel.

5. Reaksi :


6. Perhitungan :


sumber:
-jobsheet kimia organik SMKN 13 Bamdung
-https://id.wikipedia.org/wiki/Air
-http://lienkar27.blogspot.co.id/2013/03/analisis-termogravimetri-dibuatuntuk_2640.html

Semoga bermanfaat,

#Jika ada yang kurang jelas atau semacamnya silahkan komen saja di kolom komentar di bawah...

Postingan terkait: